-->

Sunday, January 24, 2016

Gerhana Matahari Total, Mamuju Gelar Festival

Gerhana Matahari Total, Mamuju Gelar Festival


Sulawesi Barat menjadi salah satu provinsi yang dilalui gerhana matahari total (GMT) 2016. Untuk memeriahkan peristiwa langka tersebut diselenggarakan Festival Matahari Sikammung pada 7-9 Maret di Anjungan Pantai Manakarra, Kota Mamuju, seperti dilansir Indonesia Travel, Kamis, 21 Januari 2016.

Festival ini menghadirkan berbagai stan kerajinan tangan khas Sulawesi Barat, stan makanan tradisional serta demo pembuatannya, lomba permainan nasional, dan melibatkan pelaku seni dari enam kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat.

Agenda yang akan dilaksanakan, antara lain karnaval budaya, booth/stan kerajinan dan kuliner khas Sulawesi Barat, lomba permainan tradisional, serta penampilan kolaborasi budaya dari enam kabupaten/kota di Sulawesi Barat, yaitu Mamuju, Polewali, Mamasa, Majene, Mamuju Tengah, dan Mamuju Utara.

Kegiatan dilangsungkan bertepatan dengan GMT, sehingga diharapkan acara tersebut dapat meningkatkan jati diri dan kebanggaan bagi generasi muda di Sulawesi Barat. Seperti diketahui, sejumlah provinsi di Tanah Air akan dilalui GMT pada 9 Maret 2016. Khusus di Provinsi Sulawesi Barat, kota-kota yang dilalui GMT adalah Pasangkayu, Lanang, dan Doda.

Kota Mamuju yang merupakan ib ukota provinsi ini akan dilalui gerhana matahari sebagian sekitar 90-99 persen. Walaupun tinggi intensitasnya tapi kegelapan langit tidak akan layaknya malam seperti yang terjadi pada titik gerhana 100 persen.

Saat puncak gerhana, matahari di wilayah ini akan terlihat seperti bulan sabit yang tipis, sehingga tidak kalah menyuguhkan fenomena alam luar biasa.
Via : Travel Tempo

Previous
Next Post »