Saturday, March 12, 2016

Renungan: Bisakah Kita Masuk Surga Tanpa ke Neraka?

Renungan: Bisakah Kita Masuk Surga Tanpa ke Neraka? Setiap orang pastinya ingin masuk ke dalam surga karena mereka akan mendapatkan kenikmatan dan kebahagiaan yang luar biasa. Namun, tidak ada satu orang pun yang terlepas dari kesalahan atau perbuatan dosa sehingga mereka juga harus merasakan balasannya. Surga adalah tempat yang diperuntukkan bagi makhluk Allah yang selalu beriman dan bertaqwa pada-Nya. Sedangkan, neraka diciptakan untuk mereka yang melakukan kemaksiatan.

 
Sementara itu, manusia tidak akan pernah luput dari dosa, baik dengan sesama manusia, ciptaan lain atau Allah. Oleh karena itu, balasan yang akan dirasakan sesuai dengan apa yang dilakukannya selama hidup. Berdasarkan hal ini, kita tahu bahwa setiap manusia pasti akan masuk ke dalam neraka terlebih dahulu sebagai peleburan dosa. Lalu apakah semua manusia masuk neraka terlebih dahulu? Meskipun Allah tidak pernah menjanjikan terdapat umat-Nya yang langsung masuk ke dalam surga, tetapi tak menutup kemungkinan jika itu ada karena Allah menghendaki apa yang Dia kehendaki.

Pada zaman dahulu, terdapat seorang wanita yang melakukan zina dan membuatnya hamil. Namun, ia telah menyesali perbuatannya dan bertaubat kepada Allah. Bahkan ia meminta jika dirinya dihukum rajam sampai mati. Akhirnya dilakukanlah rajam dan jenazahnya tergeletak. Saat itu, Umar mencacinya tapi Rasulullah mencegah. Justru, beliau mengatakan jika wanita tersebut telah diampuni segala dosanya karena taubat yang ia lakukan dirasa cukup untuk dibagikan pada 70 ahli Madinah.

Kunci agar kita dapat masuk surga tanpa melalui neraka adalah mati tanpa membawa dosa sedikit pun. Meskipun kita memiliki dosa sekecil biji sawi, dosa tersebut akan membawa kita ke dalam neraka terlebih dahulu. Oleh karena itu jangan heran jika mungkin ada banyak orang masuk neraka sebelum masuk surga apalagi kalau mereka mati dengan membawa dosa-dosa.

Tidak ada salah seorang pun yang dijamin masuk surga, kecuali nabi dan Rasul-Nya. Sebenarnya, hal tersebut merupakan rahasia Allah yang tidak bisa ditembus oleh kita, manusia. Bisa saja orang yang kita anggap sholeh dan sholehah di dunia tapi ternyata ia masuk ke dalam neraka. Sedangkan, bisa juga ketika di dunia ia dianggap sebagai iblis yang melakukan banyak dosa, tapi ternyata ia langsung masuk ke dalan surga. Hal ini dikarenakan, kita tidak pernah tahu apakah amalan kita diterima oleh Allah atau justru kita lakukan dengan sia-sia karena tidak memenuhi syarat.

Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha melakukan yang terbaik agar mendapatkan yang terbaik pula di akhirat nanti. Meskipun perkara masuk surga atau neraka merupakan misteri Ilahi, tapi jangan sampai hal tersebut membuat kita berburuk sangka kepada Allah. Karena selain Allah sang Maha Keras siksanya, tapi juga Dia sang Maha Pengampun dan Penyayang. Inilah cara masuk surga tanpa ke neraka.

Meskipun manusia tidak akan bisa luput dari dosa, namun kita masih bisa mencapai kenikmatan surga tanpa harus masuk ke dalam neraka terlebih dahulu. Sikap optimis ini akan membantu kita dalam mengubah perilaku menjadi lebih baik dan memperbanyak amalan ibadah. Selain itu, hal paling penting adalah selalu berserah diri kepada Allah. Mintalah ampunan kepada-Nya atas perbuatan dosa yang telah kita lakukan karena tidak ada yang tidak mungkin jika Allah berkehendak.

Sumber: Kumpulanmisteri.com

Previous
Next Post »