Friday, January 8, 2016

4 Destinasi Baru Indonesia Booming di 2016

4 Destinasi Baru Indonesia Booming di 2016

PARIWISATA Indonesia kian menunjukkan tahun keemasannya, pasalnya di tahun 2016 ada empat destinasi baru bakal booming. Penasaran?

Kekayaan pariwisata Indonesia memang tak bisa diperhitungkan jumlahnya. Mulai dari Indonesia Barat hingga Timur Indonesia semuanya patut untuk dinikmati.

Bisa jadi selama ini perkenalan destinasi baru kurang dijalankan oleh pemerintah setempat, sehingga membuat pariwisata Indonesia hanya dikenal dengan destinasi yang sudah mendunia, sebut saja Borobudur Yogyakarta, Kuta, Bali, Wakatobi hingga Raja Ampat sekaligus. Padahal, banyak destinasi baru yang siap meledak atau dicari jutaan turis di dunia untuk dinikmati keindahan Indonesia.

Nah, berikut ini Okezone merangkum beberapa destinasi baru yang siap meledak atau booming yang bakal diincari jutaan turis dunia untuk dinikmati, Kamis (7/1/2016).

Pulau Peucang

Berada di Ujung Jakarta, tepatnya di daerah Banten maka destinasi baru ini siap membius traveller serta turis asing atas keindahannya. Untuk akses cukup mudah dijangkau dari Jakarta.

Bisa dibilang, destinasi yang tergolong wisata bahari ini terletak di dalam area Taman Nasional Ujung Kulon. Guna mencapainya, traveller bisa menempuh dengan jalur laut hanya sekira tiga hingga empat jam dari Dermaga Sumur, Pandeglang.

Pulau Peucang

Bicara tempatnya jangan diragukan, karena masih alami dan asri! Destinasi ini sangat cocok untuk turis asing nikmati. Sedangkan untuk akses internet dan komunikasi, Anda jangan berharap banyak. Pasalnya, destinasi ini belum digapai satelit.



Gili Labak

Destinasi yang baru berikutnya adalah Gili Labak. Destinasi ini berada di Jawa Timur. Jika selama ini traveller berlibur ke wilayah Jawa Timur sebatas mengenal Bromo serta Jembatan Suramadu, maka kali ini Anda bisa menjajal keindahan wilayah Jawa Timur lainnya, yakni Gili Labak.

Destinasi ini masuk dalam wilayah Madura, Jawa Timur. Traveller cukup menyeberang dari Pelabuhan Kalianget atau Dermaga Tanjung, Sumenep, Madura. Perjalanan memakan waktu sekira dua jam.

Gili Labak

Gili Labak adalah adalah pulau kecil yang mempunyai pasir putih, biru laut dan desiran ombak yang tenang. Bahkan, pulau yang berada paling ujung timur pulau Madura dan tempat wisata di Jawa Timur ini belum banyak orang yang mengetahuinya sehingga pulau ini jarang dikunjungi oleh para wisatawan.

Nama pulau ini konon bernama pulau tikus. Karena memang tempat ini merupakan sarang tikus. Karena keindahan pulau ini melebihi nama aslinya (pulau tikus), Pulau ini diganti namanya menjadi Pulau Gili Labak, yang lebih enak disebut dengan dialek bahasa madura.

Destinasi baru ini sangat cocok untuk traveller nikmati, terlebih saat malam hari traveller bisa melihat ke langit. Pasalnya, jutaan taburan bintang di langit bisa membius keindahan traveller selama berlibur di Gili Labak. Belum lagi persoalan sunrise dan sunset-nya yang menawan.


Olele
Taman wisata Olele

Kemudian, ada pula destinasi terbaru bernama Olele. Destinasi yang satu ini berada di Gorontalo, Sulawesi Utara. Disini, traveller bisa menikmati keindahan bawah lautnya. Bahkan, olele terkenal dengan taman laut yang menawan.

Terletak sekitar satu jam jika dilalui dengan perjalanan darat dari pusat kota Gorontalo, traveller cukup menggunakan sepeda motor atau mobil namun perlu waspada karena jalanan naik turun di pinggir tebing dan jurang yang cukup curam. Pasalnya, Olele terletak di wilayah Kabila Bonge, Bone Bolango.

Taman wisata Olele

Taman wisata Olele memiliki laut biru yang tenang karena berada di daerah Teluk Tomini yang kaya dengan ikannya, dengan pemandangan pantai pasir putih dan perahu nelayan yang berbaris indah. Jika singgah di Pantai Olele, maka traveller wajib melakukan penyelaman, maka bisa melihat pemandangan taman bawah laut yang konon mempunyai kekhasan tersendiri dibandingkan dengan taman laut di daerah lain lain yang telah dikenal, seperti Taman Laut Bunaken atau Taman Laut di Kepulauan Togean Sulawesi Tengah.

Bahkan di sinyalir bahwa Taman Laut Olele ini lebih alami di bandingkan dengan kedua taman laut di atas. Pantai Olele merupakan pintu gerbang menuju surga Taman Laut Olele dengan alam bahari yang sangat indah. Para penyelam dunia telah membuktikannya dengan mata sendiri. Mereka menyatakan bahwa sebagian biota laut yang terdapat di sana tidak dijumpai di perairan lain.

Taman wisata Olele
Taman wisata Olele

Taman laut Olele menyimpan banyak keindahan, diantaranya terdapat Goa Jin dengan ikan hias, Biota Laut, Terumbu karang yang sehat, padat dan indah, Bunga Karang Raksasa, Beberapa jenis ikan yang langka dan hanya terdapat di perairan teluk tomini.



Riung 17 Pulau

Terakhir adalah riung 17 pulau. Destinasi terbaru ini berada di wilayah Nusa Tenggara Timur. Destinasi yang masuk dalam wisata bahari ini menjadi salah satu taman laut terindah di Indonesia.

Riung 17 Pulau

Mengapa dikatakan 17 pulau? Bisa jadi pulau ini memiliki luas 9.900 hektar yang terdiri dari laut dan darat termasuk dalam kawasan konservasi dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Kupang.

Letaknya di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Taman laut ini merupakan gugusan pulau-pulau kecil dan besar yang memanjang dari Toro Padang di sebelah barat hingga Pulau Pangsar di sebelah timur. Untuk mencapai wilayah ini, pengunjung harus melewati jalan bukit berliku dan aspal sempit yang naik turun di tepi jurang.

Jika traveller ingin melihat keindahan riung 17 pulau maka bisa mendatangi Wolo Tadho, dari sana bisa terlihat secara menyeluruh keindahan pariwisatanya.

Bisa dibilang, destinasi ini sangat berbeda dengan Taman Nasional Komodo yang akan ramai. Pasalnya, Taman Wisata Laut Riung 17 Pulau ini cenderung sepi, bisa jadi letaknya yang jauh, yakni sekira empat hingga enam jam dengan melalui perjalanan darat dari pusat kota Ende.

Selain bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya, maka traveller bisa mendaki bukit kecil di hampir setiap pulaunya.

Previous
Next Post »