Wednesday, January 6, 2016

Menikmati Tarian 'Burung Surga' di Raja Ampat

Menikmati Tarian 'Burung Surga' di Raja Ampat
Wisata Raja Ampat di Papua bukan hanya menawarkan eksotisme pemandangan alam berupa pantai dan terumbu karang, Anda juga bisa menyaksikan penampilan budaya berupa atraksi fauna khas Indonesia timur.

Lokasi wisata Raja Ampat memang mempesona. Bila ingin menikmati keindahan pantai sekaligus menyaksikan kicauan dan tarian burung 'surga', Cenderawasih, berwarna merah dan kuning emas dan aksi gerombolan lumba lumba cukup datang ke pantai Yenpapir yang terletak di Kampung Saporkren, Distrik Saonek, Kabupaten Raja Ampat.

Sebelum mengunjungi Pulau Painemo yang menjadi salah satu ikon destinasi wisata terbaik dunia, wisatawan lokal dan mancanegara bisa melengkapi tour wisatanya dengan mengunjungi pantai pasir putih yang bisa ditempuh dalam waktu 15 menit dari Bandara Marinda dan 1 jam dengan kendaraan roda empat dari pelabuhan Raja Ampat.

"Di Yenpapir bukan hanya menikmati keindahan pantai tetapi bisa mendengar kicauan dan melihat tarian burung Cenderawasih di hutan konservasinya," kata Wakil Ketua Badan Musyawarah Masyarakat Kampung Saporkren, Orgenes, Jumat (1/1/2015).

Menurut dia, kalau ingin menyaksikannya langsung datang saja pukul 05.00 hingga 06.00 WIT khusus untuk burung Cendrawasih sedangkan aksi lumba lumba bisa empat kali pada pagi, siang dan sore hari.

Berbicara masalah burung, Orgenes menyebut bukan hanya Cenderawasih tetapi Kakak Tua Jambul Kuning dan Hitam serta burung jenis lain juga bisa dilihat di dalam hutan konservasi.

Suasana di sepanjang pantai memang dijaga kealamiannya. Masyarakat setempat membangun home stay (rumah tinggal) yang terbuat dari kayu dengan biaya sewa termasuk tiga kali makan sebesar Rp450 ribu per orang semalam.

Pantai di Kampung Saporkren, kata Orgenes, sangat istimewa. Yakni, ketika air laut surut para pengunjung bisa berjalan di atas pasir putih dan menemukan mata air di sepanjang pantai.

"Air yang keluar dari mata air ketika air laut surut itu rasanya seperti air pegunungan dan tidak asin," ujarnya.

Menurut Orgenes, lokasi pantai itu juga cocok bagi penggemar olahraga kayak, diving dan snorkling. "Bagi penggemar olahraga ari, kami menyewakan peralatan perahu kayak, diving dan snorkling," tambahnya.

Wisata Maritim di Papua ini mendapat perhatian Presiden Jokowi dan Menteri Pariwisata Arief Yahya yang merayakan Tahun Baru 2016 di Pantai Waisei Tercinta, Raja Ampat.

Bahkan, keduanya juga menyempatkan diri mengunjungi Pulau Painemo untuk menyapa para wisatawan lokal dan mancanegara. Pulau Painemo sendiri merupakan salah satu ikon destinasi wisata terbaik dunia.

Previous
Next Post »