Wednesday, January 6, 2016

Selfie - Pre Wedding Murah Kok Di Hutan Mangrove BSD Cuma Rp.3000,-

Seperti yang kita ketahui, Mangrove tumbuh pada pantai-pantai yang terlindung atau pada pantai yang datar, biasanya di tempat yang tidak ada muara sungainya, biasanya tumbuh meluas. Mangrove tidak tumbuh di pantai yang terjal dan berombak besar dengan arus pasang surut yang kuat, karena hal ini tidak memungkinkan terjadinya pengendapan lumpur dari pasir, sebagai substrat yang diperlukan untuk pertumbuhannya (Nontji, 1993). Penjelasan tersebut merupakan definisi mangrove dari seorang pakar.

Mangrove sendiri memiliki banyak manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kehidupan manusia.

Beberapa manfaat tidak langsung sebagai konsumsi manusia antara lain:
1.Menumbuhkan pulau dan menstabilkan pantai
2. Menjernihkan air, penahan lumpur dan perangkap sedimen
3. Peredam gelombang dan angin badai
4. Mengawali rantai makanan
5. Melindungi dan memberi nutrisi (nursery dan spawning)
6. Pemasok larva ikan, udang, dan biota laut lainnya.

Dan satu manfaat lagi yang dapat secara langsung manusia nikmati adalah sebagai tempat pariwisata. Tempat pariwisata mangrove salah satunya berada di Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur. Taman Konservasi Hutan Bakau ini berada di dalam perumahan BSD yang bertempat di Bontang Utara. Bagi sahabat yang bosan menghabiskan waktu santai di pusat perbelanjaan atau pusat keramaian lainya tempat ini mungkin cocok bagi anda. Harga tiket masuk taman ini perorangnya adalah Rp.3.000,00.

Sebelum anda memasuki area taman didekat parkiran terdapat tempat makan, sehingga jika anda dan keluarga belum sempat makan sebelum pergi ke tempat ini anda bisa mampir untuk makan. Saat anda mulai memasuki area depan anda akan disambut dengan kolam ikan dan beberapa pendopo kecil yang biasa digunakan untuk bersantai. Anda mungkin akan berjalan sekitar 100m untuk mulai memasuki kawasan hutan mangrove. Terdapat jalan setapak yang terbuat dari kayu. Dipinggir jalan setapak terdapat pagar yang juga terbuat dari kayu, walaupun belum menyeluruh ke seluruh area.

Di taman ini banyak dibuat pendopo, jika anda ingin menggunakan pendopo ini untuk bersantai bersama sahabat ataupun keluarga anda harus membayar dengan biaya Rp. 25.000,00. Disetiap sudut juga terdapat banyak kursi-kursi yang dapat dimanfaatkan untuk menikmati sejuknya angin laut yang berhembus. Terdapat juga beberapa fasilitas tambahan seperti penyewaan kapal kecil seharga Rp.50.000, tetapi yang saya lihat saat kemarin berkunjung kurang ada peminat untuk ini. Mungkin dikarenakan harganya yang kurang merakyat.

Terdapat beberapa kekurangan pada taman ini, diantaranya adalah pagar yang belum menyeluruh pada seluruh area. Pagar penting untuk menjaga keamanan, apalagi dilihat dari pengunjung yang kebanyakan keluarga-keluarga yang memiliki anak kecil. Yang kedua, wc umum yang masih minim jumlahnya.


Sampai sini saja ulasan saya tentang konservasi hutan mangrove yang ada di bontang ini. Tambahan kecil dari saya adalah, waktu paling tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah saat sore hari, karena cuacanya yang nyaman tidak panas. Dan juga jaga selalu anak-anak kecil dari pengawasan anda. Semoga anda dapat menikmati wisata ke tempat ini dan semoga artikel ini bermanfaat . ^^
Via : lets-spread.blogspot.co.id/



Menurut Para Pekerja Lokasi Ini " Kawasan Konservasi Hutan Mangrove " yang terletak Di Ujung Perumahan Bukit SEKATUB Damai BSD Ini Sudah Di Kerjakan sejak 8 bulan yang lalu...Dan kini Kawasan Ini Mulai Ramai Di Kunjungi Masyarakat Sekitar. Suasana Hutan Bakau cukup membuat "Damai dan Tentram " hati... Di Sini juga Akan tersedia Wisata Kapal Ketinting untuk menikmati Hutan Bakau lebih jauh lagi..Tertarik??http://media.bontang.co---- Stay Tune, Here -----
Dikirim oleh Bontang City pada 28 Agustus 2015

Previous
Next Post »