-->

Sunday, January 10, 2016

Sisi Lain Bontang - Bukan Kekayaanya, tetapi Keindahannya

Pernahkah anda mendengar nama Kota Bontang? Mungkin pernah, sesekali atau tidak pernah sama sekali. Kota Bontang merupakan kota otonom, yang terletak di pesisir selat makassar. Kota ini dikelilingi oleh lautan dan pantai yang sangat indah. 


Pantai di bontang sangat bersih dan masih terjaga, karena masyarakat bontang tidak pernah mengambil keuntungan dari laut sebagai tempat wisata. Masyarakat Bontang pada umumnya memanfaatkan laut sebagai sarana mencari rezeki dengan melaut dan menjadi nelayan, sebagai sumber utama berbagai bahan baku olahan pangan khas kota bontang dan juga sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal perusahaan besar di kota Bontang


Kota Bontang merupakan salah penghasil Gas Alam, Batubara, dan Pupuk terbesar di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) edisi Agustus 2010 , pendapatan PDB per kapita bontang adalah Rp368,05 juta dan upah minimun regional di kota ini adalah Rp 2,15 juta per bulan. Pendapatan ini merupakan terbesar kedua di Indonesia, setelah Kab. Timika di Papua. 

Namun, Jika berbicara kota bontang sebagai kota terkaya di Indonesia, mungkin kita telah mengetahuinya, namun kali ini saya mengajak anda untuk melihat sisi lain kota bontang yang tidak pernah dipublikasikan, yaitu keindahan kota kecil ini. Keindahan Alam Kota Bontang meliputi


1. Pantai Marina 


Gambar diatas merupakan pantai marina, yang terletak di daerah selatan bontang. Di pantai marina terdapat pelabuhan yang di gunakan oleh PT. Badak NGL (perusahaan gas Alam) sebagai tempat bongkar muat kapal tanker. Pantai ini sebenarnya pernah diperuntukkan sebagai tempat rekreasi untuk seluruh masyarakat Bontang. Namun, dengan alasan keamanan, dan resiko tinggi antara lain binantang buas dan juga terlalu dekat dengan kilang pengolahan gas alam PT. Badak NGL, pantai ini sempat ditutup sementara. Sejak tahun 2015, beberapa titik di pantai marina telah dibuka kembali untuk masyarakat kota Bontang dengan ttidak mengesampingkan sisi keamanan. Pantai ini terkenal karena kebersihannya, pasir putih dan juga pohon cemara yang tumbuh di sekitar pantai. Keindahan alami pantai ini yang dapat dikatakan salah satu yang terbaik di Indonesia. 

2. Pulau Beras Basah 

Pulau Beras Basah

Merupakan sebuah pulau yang terletak di selatan kota Bontang. Sejarah pulau ini penuh dengan legenda, salah satu yang terkenal adalah terbaliknya kapal pengangkut beras dari sulawesi dan menyebabkan terbentuknya pulau ini. Namun, siapapun akan sangat terkesima dengan keindahan pulau ini. Arus tenang, pasirnya yang putih serta keindahan dalam laut di sepanjang pulau ini. Jarak pulau ini dengan kota bontang adalah + 15 menit dengan speedboat. Pulau ini memiliki salah satu dari 278 menara suar yang ada di Indonesia. Fungsi utama menara ini adalah sebagai penunjuk arah kapal-kapal besar yang melewati kota Bontang. Sumber utama tenaga listrik di suar ini adalah sel surya .


3. Hutan Lindung Sangkimah 

Hutan Lindung Sangkimah
Hutan sangkimah merupakan sebuah hutan lindung bagian dari Taman Nasional Kutai. Hutan ini terletak di jalan lintas kota bontang-sangatta tepatnya di km 45. Hutan sangkimah adalah hutan tropis yang didalamnya tumbuh pohon ulin terbesar di dunia. Pohon ini kelilingnya mencapai 4 kali rentangan tangan orang dewasa.


4. Wisata Keramba desa selangan dan tihi-tihi 

Wisata Keramba desa selangan dan tihi-tihi
Desa selangan dan tihi-tihi merupakan sebuah desa yang terletak di selatan kota bontang. Desa ini berada di tengah-tengah lautan (selat makassar). Desa selangan dan tihi-tihi merupakan desa wisata keramba, dimana nelayan tradisional disini membudidayakan rumput laut. hasil dari rumput laut ini di ekspor Surabaya, Jakarta hingga ke Jepang. Untuk mencapai ke desa selangan, membutuhkan waktu + 45 menit menggunakan kapal. 

Keramba desa selangan dan tihi-tihi

5. Wisata desa di atas laut Bontang Kuala

Wisata desa di atas laut Bontang Kuala
Bontang kuala merupakan batas utara kota bontang. Wisata di bontang kuala dapat ditempuh dengan perjalanan darat + 10 menit dari pusat kota Bontang. Bontang kuala merupakan tempat paling menyenangkan untuk menghabiskan sore hari bersama keluarga, karena di tempat ini banyak terdapat cafe dan restoran di pinggir lautan. Menu yang paling lezat adalah ikan bakar yang di sajikan dengan sambal gammi, yaitu sambal yang pembuatannya dicampur dengan terasi khas bontang. Rasa dan aroma khas dari terasi sangat menimbulkan rasa lapar bagi siapapun yang melihatnya. Selain itu, bontang kuala juga merupakan sentra pembuatan terasi dan berbagai macam olahan rumput laut.


Tempat-tempat diatas adalah sebagian kecil dari keindahan alam bontang yang mungkin belum terjamah dan belum ditelusuri. Meskipun memiliki tambang Gas Alam, batubara dan pasir, masyarakat kota Bontang mampu menyelaraskan hidup dengan alam sekitar. Untuk berkunjung ke kota bontang ada dua cara : 

1. Perjalanan Udara : Tidak ada penerbangan komersil, semua penerbangan dari Bandara sepinggan - bandara Bontang melalui 2 pesawat yang diperuntukkan khusus bagi keluarga karyawan. Terbang dari Balikpapan pagi dan siang hari. 

2. Perjalanan Darat : dari bandara sepinggan balikpapan, naik travel (banyak tersedia di bandara setiap saat) seharga Rp.175.000 dengan waktu tempuh 6-8 jam. dari terminal balikpapan : naik bis samarinda lestari seharga Rp. 125.000 dari samarinda : naik bis dari terminal lempake (ada setiap jam) seharga Rp. 30.000 dengan waktu tempuh 2 jam dan turun di terminal bontang, kemudian dilanjutkan naik angkutan umum ke tengah kota (jarak tempuh 3 jam) 

3. Perjalanan Laut : meskipun dikelilingi laut, bontang belum memiliki transportasi laut yang cukup layak untuk langsung menuju kota ini. 

Kapal ferry RORO hanya melayani perjananan Bontang - parepare pp. Dan jangan lupa, di kota Bontang merupakan kota yang hampir tidak ada pengemis , anak-anak jalanan dan pengamen di pinggir jalan, di persimpangan lampu merah ataupun di tempat-tempat keramaian dan juga tidak ada sampah berserakan. 

Kota ini tidak hanya memberikan kehidupan yang layak bagi masyarakatnya, tetapi juga memberikan kenyamanan bagi siapapun yang ingin berkunjung ke sini. Selamat datang ke kota bontang, salam Bessai Berinta ! 

nb :foto yang saya gunakan dari berbagai sumber, tidak ada maksud untuk dikomersialisasi, hanya untuk kepentingan berbagi semata.
Sumber : Kompasiana

Previous
Next Post »