-->

Sunday, January 24, 2016

Wisata Laut Sehatkan Jantung dan Detoks Alami, Yuk! Ke Beras Basah

Wisata Laut Sehatkan Jantung dan Detoks Alami, Yuk! Ke Beras Basah
Selain sebagai tempat rekreasi, ternyata pantai memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Demikian hasil sebuah studi yang terbit dalam Journal of Environmental Psychology.

"Studi telah membuktikan wisata alam seperti pantai memiliki lebih banyak manfaat ketimbang pusat kebugaran, atau pusat-pusat hiburan urban," ujar J.Aaron Hipp, Ph.D, salah satu peneliti dikutip dari Medical Daily. Manfaat apa sajakah itu?

Sinar matahari berikan vitamin D

Kita semua tahu, terlalu sering kulit terekspor sinar mata sangat tidak baik untuk kesehatan. Walau demikian, sinar matahari tetaplah memiliki khasiat.

Saat kulit terekspos sinar matahari, tubuh kita memproduksi vitamin D, 'alat' yang sangat berperan penting dalam penyerapan kalsium dan pembentukan tulang kuat. Menurut Mayo Clinic, 10 menit terekspos sinar matahari menyediakan dosis vitamin D cukup untuk sehari.

Sementara itu Vitamin D Council menyebut tubuh dapat memproduksi 10 ribu sampai 25 ribu IU vitamin D saat Anda berjemur hingga warna kulit Anda sedikit kemerahmudaan. Selain itu sinar matahari dapat meningkat produksi endorfin dan melindungi tubuh dari penyakit autoimmune.

Supaya kulit tetap terlindungi, jangan lupa oleskan kulit dengan sunscreen ber-SPF (sun protection factor) 15 atau lebih.

Berjalan di pasir kuatkan otot kaki

Sebuah studi menunjukkan berjalan atau berlari di atas pasir membutuhkan energi 1,6 sampai 2,5 lebih banyak daripada berjalan di atas permukaan solid. Maka, berjalan di atas pasir baik untuk menguatkan otot kaki Anda.

Tak hanya itu. Ada baiknya Anda berjalan di atas pasir tanpa menggunakan alas kaki. Menurut Martin Zuncker, penulis buku "Earthing: The Most Important Health Discovery Ever?", berjalan tanpa alas kaki dapat menghantarkan energi penting pembangkit mood dari bumi masuk ke dalam tubuh.

"Earthing" atau "membumi" menghubungkan kembali dengan energi sebenarnya dari bumi, yang sudah terlupakan karena gaya hidup modern.

Detoks dan sehatkan jantung dengan berenang di air laut

Air laut mengandung berbagai jenis mineral seperti magnesium, potassium dan iodine. Mineral ini antara lain berfungsi untuk menyembuhkan infeksi, sebagai alat detoksifikasi, dan memberikan efek terapi.

Berenang dapat menurunkan stres, depresi, dan kecemasan.

Di samping efek kesehatan jiwa, berenang juga berkhasiat dalam pembentukan otot-otot tubuh mengingat air memiliki resistensi yang cukup tinggi. Dengan berenang sedikitnya dua setengah jam per minggu, Anda sudah menurunkan risiko penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan kombinasi khasiat air laut dan berenang, rasanya tubuh Anda siap menghadapi berbagai rintangan saat kembali ke rutinitas.

Previous
Next Post »