Sunday, March 27, 2016

8 Hal yang Bisa Merusak Mata Saat di Pantai


8 Hal yang Bisa Merusak Mata Saat di Pantai

Menghabiskan waktu di pantai dan di bawah sinar matahari mungkin terdengar mengasyikkan. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan Anda saat di pantai dan di tengah terik mentari bisa merusak mata Anda? Berikut beberapa kebiasaan di pantai yang bisa merusak mata Anda, seperti yang dikutip dari metrotvnews.com

1. Menyipitkan mata di bawah sinar matahari
Ketika merasa silau akibat cahaya matahari, banyak orang sering menyipitkan mata mereka di bawah sinar matahari. Paparan sinar UV yang berlebihan dalam jangka pendek dapat berubah menjadi kerusakan mata yang serius dalam jangka panjang. Hanya satu hari di pantai tanpa kaca mata dapat menyebabkan photokeratitus, mata terbakar sinar matahari. Kerusakan tersebut memang tidak permanen, tetapi akan menyebabkan mata kering, gatal, merah dan bengkak.

2. Memakai kacamata hitam murahan
Melissa Barnett, seorang dokter mata mengatakan, kacamata murah umumnya tidak menghalangi sinar UVA dan UVB dengan baik. Untuk itu, Barnett merekomendasikan untuk mencari kacamata yang memblokir 99-100 persen radiasi UVA dan UVB dan menyaring 75-90 persen dari cahaya tampak.
“Lensa Polarized adalah cara yang baik untuk melakukan hal ini karena mereka secara khusus dapat memblokir sinar cahaya yang paling menonjol tetap menjaga visi yang jelas,” katanya.

3. Tidak Memakai kacamata hitam saat berawan
Selain saat cuaca panas, saat mendung pun Anda perlu memakai kacamata karena itu sama kerasnya. “Tidak peduli cuaca apa pun, selalu memakai sepasang kacamata. Dan untuk perlindungan tambahan, keluar dari jam intensitas UV puncak, yang biasanya di pagi hari (08.00-10.00 WIB) dan sore (14.00-16.00 WIB),” kata Barnett.

4. Berpikir sebuah topi dapat melindungi mata Anda
Topi memang dapat melindungi telinga, leher, dan wajah dari sinar UV, tapi tidak terlalu melindungi mata Anda. Topi hanya sedikit mengamankan mata Anda. Jadi selain memakai topi, pastikan mata Anda juga tertutup.

5. Memakai kontak lensa ketika berenang
Berenang dengan menggunakan kontak lensa dapat menyebabkan infeksi kornea dan bisa berakibat kehilangan penglihatan. Jadi sebelum Anda berenang, lindungi mata Anda dengan mencopot kontak lensa dan ganti dengan sepasang kacamata renang.

6. Membuka mata di dalam air
Ingat, air laut sangat tidak steril dan dapat menyebabkan infeksi mata seperti kornea bengkak dan penglihatan kabur sementara, dan bisa mengakibatkan infeksi bakteri dan virus. Untuk meminimalkan iritasi jangka pendek dan menurunkan peluang Anda untuk infeksi, selalu kenakan kacamata renang.

7. Lupa memakai sunscreen di area mata Anda
Menurut The Skin Cancer Foundation, 10 persen dari semua kanker kulit ditemukan pada kelopak mata. “Menerapkan tabir surya di sekitar mata sangat penting,” kata Barnett. Ia menyarankan untuk menggunakan formula berbasis mineral dan menggunakan tabir surya yang dibuat khusus untuk wajah atau mata yang mengandung minimal SPF 30.

8. Menggosok mata ketika terkena pasir
Menggosok mata ketika terkena pasir jelas dapat membuat mata Anda tergores. Menggosok mata juga dapat menimbulkan kerusakan lebih lanjut. Jika mata Anda terkena pasir, segera cuci mata Anda dengan air bersih dan berkedip beberapa kali. Jika tak kunjung hilang, hubungi dokter untuk mendapatkan tindakan yang tepat.

Previous
Next Post »