Tuesday, March 22, 2016

Salut! Hijaber Indonesia Penemu Obat Alami Gigi Sensitif

Piknikbontang.com - Satu lagi putri Indonesia mencapai prestasi di luar negeri. Adalah Ekavianty Prajatelistia, yang berhasil menemukan bahan alami yang mampu mengatasi masalah gigi sensitif.
Selama ini memang telah banyak beredar pasta gigi yang diklaim bisa mengatasi rasa ngilu aibat gigi sensitif. Namun sebagian besar memiliki kandungan bahan aktif yang berkonentrasi tinggi.
Ekavianty saat ini menjadi mahasiswi S3 di yang tergabung dalam Laboratory for Biomimetic and Environmental Materials (LBEM), Pohang University of Science and Engineering (POSTECH), Korea Selatan.
Mengutip laman kemlu.go.id, Senin, 22 Februari 2016, Ekavianty berhasil memecahkan permasalahan gigi sensitif dengan menggunakan bahan alami dari tunicate. Ini adalah salah satu hewan laut dan merupakan makanan yang lazim dimakan di restoran-restoran seafood di Korea.
"Capaian Ekavianty ini termasuk hal yang langka dan sekaligus membanggakan. Saya harap, mahasiswa Indonesia bisa berprestasi dan aktif melakukan penelitian. Selamat buat Ekavianty. Lanjutkan," ujar Dubes Indonesia untuk Korea Selatan, John A Prasetio.
Kemampuan tunicate tergolong unik karena mampu menyembuhkan luka di tubuhnya sendiri. Hal ini menginspirasi Eka melakukan penelitian tentang bagaimana tunicate menyembuhkan dirinya sendiri, untuk kemudian diaplikasikan ke gigi manusia agar dapat menumbuhkan mineral yang hilang pada gigi secara alami.
Hasil penelitian Eka di bawah bimbingan Professor Hwang Dong Soo ini telah terbit di jurnal Advanced Healthcare Materials. Penelitian tersebut, yang bahkan telah dipatenkan di Korean Patent, juga tidak luput dari liputan media-media di Korea Selatan seperti KBS, MBC, dan YTN.
"Penelitian ini menarik karena dengan memakan tunicate, dipadu dengan bahan makanan yang mengandung metal ion seperti yang terkandung dalam vitamin dan suplemen, dengan konsentrasi rendah, dapat menutup pori-pori dentin hanya dalam waktu 4 menit dengan cukup berkumur," terang Eka menjelaskan hasil penelitiannya. 
Sumber : dream.co.id

Previous
Next Post »