Tuesday, March 29, 2016

Seorang Fotografer Mengungkapkan Gelapnya Rumah Sakit Jiwa di Indonesia!! Orang Sehat Pun Bisa Jadi Sakit Disini..

Sejak tahun 1977, Indonesia sebenarnya telah melarang untuk memasang pasung pada orang-orang yang menderita gangguan mental, namun di rumah sakit jiwa, ternyata masih banyak digunakan. Seorang fotografer asal New York bernama Andrea Star Reese mendatangi banyak sekali RSJ di Indonesia dari tahun 2011 sampai tahun 2012, kemudian ia mengabadikannya menjadi sebuah film dokumenter berjudul "Disorder" yang dikeluarkan tahun 2013.
Evi sejak berusia 15 tahun mulai berfantasi, orang tuanya akhirnya membelikan dia sebuah tempat tidur dari kayu dan cara penyembuhan islami.
Galuh berada di bawah instansi dari pemerintah di Jakarta yang tidak menolak pasien manapun, namun pemerintah hanya memberikan mereka makan selama 2 bulan pertama. Apalagi jika dibandingkan dengan rumah, tempat ini jauh lebih mirip penjara, dimana pasien laki-laki dan perempuan hanya dipisahkan oleh jeruji besi.
Muhammad (kiri) sedang melakukan terapi, dimana pasien dalam satu hari akan terus menerus minum jamu, berdoa, dan muntah kemudian pada akhirnya masuk dalam kondisi terhipnotis.
Semua orang di dalam sini sepertinya sudah terbiasa untuk hidup di dalam "kandang" masing-masing.
Kekurangan makanan selalu menjadi masalah terbesar bagi para pasien disini.
Saimun telah dipasung selama 5 tahun, kini usianya 40 tahun dan tidak mampu berbicara. Ia dan adiknya yang keterbelakangan mental tinggal bersama, mereka dan ibunya hanya mampu bertahan hidup dari sedikit uang dari sumbangan amal lingkungan mereka. 
Seapudin (kanan) juga telah dipasung selama 9 tahun, otot kakinya bahkan sudah menyusut karena tidak digunakan selama bertahun-tahun.
Semua pasien disini bukan hanya kekurangan makanan, namun juga kekurangan pakaian, olah raga dan kehidupan sosial.
Dalam lingkungan seperti ini, jangankan memberikan perawatan dan pengobatan yang layak, bahkan makanan pun mereka tidak mampu membelinya.
Semua pasien hidup di dalam lingkup dan ruang yang sangat terbatas. Setiap harinya mereka hanya makan, tidur dan mandi saja. 
Beberapa pasien yang lebih mampu akan membayar fasilitas pengobatan pasien dengan cara keagamaan.
Gambar kiri di bawah diambil di RSJ Bina Lestari, Sedangkan gambar kanan diambil di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang yang disebut-sebut sebagai RSJ terbaik, juga merupakan rumah sakit pertama yang menyediakan rawat jalan bagi orang tua.
Memiliki sebuah ranjang saja sudah merupakan kemewahan bagi para pasien.
Gambar ini adalah suasana RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang di Jawa Timur.
Sungguh sangat menyedihkan dan mengerikan melihat kehidupan mereka yang begitu kesepian dan tidak terurus yah sobat cerpen! Mereka itu ada di sekitar kita. Yuk kita sama-sama bergandeng tangan untuk membantu mereka yang membutuhkan!

Previous
Next Post »