Wednesday, March 30, 2016

Spotify di Indonesia Gaet Indosat Ooredoo

Spotify di Indonesia Gaet Indosat Ooredoo

Apikasi smartphone berbasis streaming musik Spotify resmi hadir di Indonesia. Dalam melakukan ekspansinya, layanan musik streaming asal Swedia itu menggandeng operator seluler Indosat Ooredoo.

Direktur Spotify Asia, Sunita Kaur, mengatakan kerja samanya dengan Indosat sudah dibicarakan sejak dua tahun yang lalu. Hanya saja, baru terealisasi tahun 2016.

“Pembicaraan dengan Indosat sudah terjalin sejak dua tahun yang lalu. Selama itu pula kami melakukan riset terhadap pasar Indonesia,” tutur Kaur seusai prosesi peluncuran Spotify di Potato Head Garage, Jakarta, seperti dilansir Detik, Rabu (30/3/2016).

Indonesia merupakan negara keempat di Asia Tenggara yang menjadi sasaran ekspansi Spotify setelah Singapura, Malaysia, dan Filipina. Kaur berharap pertumbuhan penggunanya bisa meningkat pesat seperti di ketiga negara tersebut.

“Dari berbagai negara kawasan di Asia, termasuk Asia Tenggara, rata-rata dari pengguna aplikasi smartphone Spotify menghabiskan waktu 149 menit di Spotify setiap hari dan kami berharap itu juga terjadi di Indonesia,” terang wanita yang sudah bergabung di Sporify sejak tiga tahun lalu.

Senada dengan Kaur, Presiden Direktur Indosat Ooredoo, Alexander Rusli, berharap dengan adanya aplikasi smartphone Spotify bisa menumbuhkan penggunaan data. “Ya yang pasti berharap. Tapi untuk Spotify ini kami tidak berekspektasi tinggi karena pelanggan tetap bisa mengakses Spotify meski kuota 0. Selama ia terdaftat dengan paket Freedom Combo,” terang pria yang akrab disapa Alex itu.

Sebagaimana diketahui, aplikasi smartphone Spotify menyediakan konten musik streaming. Artinya untuk menikmati konten yang tersaji di dalamnya, dibutuhkan kuota data.

Namun, khusus pelanggan Indosat, kuota yang ada pada paketnya diklaim tidak akan terganggu dalam memutar aplikasi smartphone Spotify. Seperti yang dikatakan Alex di atas, walau kuota berada di angka 0, Spotify masih bisa dinikmati.

Selain itu seperti dilansir Liputan6.com, Rabu, Spotify menyediakan dua jenis layanan yaitu layanan gratis dan berbayar. Untuk layanan berbayar, Spotify mematok Rp49.000 per bulan. Menariknya pengguna pertama aplikasi smartphone Spotify mendapat akses terhadap layanan berbayar untuk satu pekan.

Aplikasi smartphone Spotify dapat diunduh dari Google Play Store bagi pengguna smartphone berbasis Android atau dari Apple Store bagi pengguna ponsel berbasis IOS. Selain dari aplikasi, pengguna juga bisa menikmati Spotify dari situs webnya di https://www.spotify.com/id/.

Aplikasi smartphone Spotify juga menyediakan pilihan apakah lagu-lagu yang sudah diunduh akan dihapus, ditambahkan ke dalam daftar putar atau playlist atau akan dimasukkan ke daftar putar berikutnya. Opsi-opsi lain di antaranya Go to Album, Go to Artist, Share, dan Go to Song Radio.

Pada laman pengaturan, pengguna bisa mengatur kualitas musik yang dihasilkan untuk pilihan streaming, download, hingga pilihan data yang digunakan untuk mengunduh. Selain itu, ada juga pengaturan notifikasi yang diterima serta berbagai pengaturan lain seperti konektivitas dengan jejaring sosial.

Previous
Next Post »