Sunday, March 27, 2016

Tertinggi, Terdalam, Tersibuk dan Terpanjang di Dunia


Inilah infrastruktur-infrastuktur yang Tertinggi, Terdalam, Tersibuk, Terpanjang di Dunia seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com

Tambang Terdalam di Dunia

Tambang emas Mponeng di Afrika Selatan adalah tambang terdalam di dunia, penambang dan peralatan dikirim ke kedalaman 2,4 mil (3.86 km) di bawah tanah untuk mencari emas. Tambang ini begitu dalamnya sehingga bisa memuat 10 Bangunan Empire State yang ditumpuk di atas satu sama lain, kata Financial Times.

Pelabuhan Tersibuk di Dunia

Pelabuhan Singapura merupakan pelabuhan tersibuk di dunia, menangani lebih dari 25 juta pengiriman setiap tahunnya. Pada waktu tertentu ada hampir 1.000 kapal di pelabuhan dengan satu kapal meninggalkan / tiba setiap tiga atau empat menit.

Bandara tersibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia adalah Atlanta Hartsfield Airport di AS. Bandara di atlanta Georgia ini rata-rata tiap hari melayani 240.000 penumpang. Bandara ini juga terkenal karena delay nya yang panjang.

Pencakar Langit Tertinggi

Burj Khalifa Menara Khalifa), yang sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki) dan memiliki 163 lantai. Selengkapnya bisa dibaca disini

Gedung Residential Tertinggi di Dunia

Princess Tower (Menara Putri) yang terletak di distrik Marina, Dubai, UEA, adalah gedung residensial tertinggi di dunia dengan ketinggian 414 m (1.358 ft) dan memiliki 101 lantai.

Jembatan Kabel Terpanjang di Dunia

Membentang lebih dari 5 mil di atas Provinsi Jiangsu di Cina, jembatan Suzhou-Nantong Highway, adalah jembatan kabel terpanjang di dunia. Jembatan ini menghubungkan dua kota besar, Nantog dan Suzhou, dan mempersingkat waktu 3 jam perjalanan daripada menggunakan kapal feri. Perjalanan antara dua kota ini dengan menggunakan feri, membutuhkan waktu empat jam, sedangkan dengan melintasi jembatan hanya dibutuhkan waktu satu jam.

Terowongan Kereta Api Terpanjang di Dunia


Gothard Base Tunnel, terletak di bawah pegunungan Alpen Swiss, akan segera menjadi terowongan kereta api terpanjang di dunia. Diperkirakan akan selesai pada tahun 2017, proyek senilai $ 12000000000 ini akan lebih panjang daripada Terowongan Seikan di Jepang. Terowongan, yang membentang lebih dari 35 mil, diharapkan dapat meningkatkan perdagangan dan travel di Eropa.

Pipa Gas Bawah Laut Terpanjang di Dunia

Instalasi pipa terpanjang di dunia saat ini dipegang oleh Nord Stream. Dua pipa paralel sepanjang 1200 km yang melintasi laut baltik ini menghubungkan Portovaya Bay, Vyborg, Rusia dengan Greifswald, Jerman. Pipa ini dapat mengangkut 55 milyar meter kubik gas ke seluruh eropa tiap tahunnya.

Bendungan Tertinggi di Dunia

The Dam Nurek, terletak di Sungai Vakhsh di Tajikistan, adalah bendungan tertinggi di dunia. Bendungan setinggi hampir 1.000 kaki ini selesai pada tahun 1980 dan 4,0 gigawatt tenaga listrik yang dihasilkannya cukup untuk memenuhi 98 persen kebutuhan listrik negara tersebut.

Teleskop Single-Disk Terbesar

Anda mungkin mengenali Observatorium Arecibo dari film Bond “GoldenEye.” Terletak di San Juan, Puerto Rico, ini adalah teleskop radio disk tunggal terbesar di dunia. Disk ini memungkinkan para ilmuwan untuk mempelajari planet terdekat dan ionosfer. Setiap tahun lebih dari 100.000 orang mengunjungi teleskop yang berdiameter 1.000-kaki ini.

Jalur Kereta Api Terpanjang



Jaringan rel yang disebut Trans-Siberia Railroad di Rusia adalah jalur kereta api terpanjang di dunia. Trek nya yang menghubungkan Moskow hingga ke Vladivostok, memiliki panjang 9289 kilometer, hampir seperempat kali keliling bumi. Trans-Siberian Railroad juga telah dikreditkan dengan pertumbuhan beberapa kota di Siberia.

Previous
Next Post »