-->

Saturday, March 12, 2016

Yuk dicoba triknya! Inilah 9 Cara agar Makanan tidak Cepat Basi!

Makanan menjadi basi disebabkan karena adanya mikroorganisme pengganggu seperti bakteri dan jamur yang berkembang dalam makanan kita.
Walaupun begitu, ada juga beberapa faktor lain yang menyebabkan makanan cepat basi, diantaranya karena faktor suhu, kelembaban udara, serta perawatan makanan (mencegah kemungkinan masuknya mikroorganisme ke dalam makanan dan menghambat perkembangannya).
Sekarang Anda tidak perlu khawatir, berikut beberapa tips mudah yang bisa membuat makanan tidak cepat basi dikutip dari heinzabc.com
Inilah 9 Cara agar Makanan tidak Cepat Basi! Yuk dicoba triknya!

1. Selektif dalam memilih bahan makanan. cuci dan tiriskan bahan makanan sebelum digunakan atau disimpan dalam freezer. Sebaiknya, gunakanlah bahan makanan yang masih segar. Selain sehat dan baik untuk dikonsumsi, rasanya juga lebih enak dan lezat.
2. Biasakan mencuci tangan sebelum memasak dan sebelum makan (meskipun menggunakan sendok) serta hilangkan kebiasaan jorok.
3. Hindari penggunaan sendok yang berulang-ulang dari satu makanan ke makanan lain karena hal ini akan menyebabkan makanan menjadi basi dengan cepat.
4. Jangan malas untuk memanaskan makanan dan setelah itu ganti wadahnya dengan wadah yang baru untuk mencegah mikroorganisme yang kemungkinan telah tumbuh pada wadah lama.
5. Jaga agar permukaan meja dapur, saluran air, dinding, lantai, peralatan masak, serta alat-alat masak dalam keadaan kering dan bersih.
6. Jangan biarkan sisa tumpahan makanan berada pada setiap permukaan, bersihkanlah dengan sesegera mungkin.
7. Jangan gunakan lagi lap yang sudah kotor karena telah digunakan untuk mengelap bahan makanan berkali-kali.
8. Memperhatikan tempat penyimpanan makanan, seperti penggunaan wadah yang kedap udara untuk menyimpan makanan. Namun ingat, jangan tutup wadah sebelum makanan dingin, karena hal ini juga akan menyebabkan makanan menjadi basi dengan suhu yang panasdan udara pengap.
9. Menyimpan makanan di dalam kulkas dan tetap menjaga agar Rice-cooker tetap tersambung dengan aliran listrik.
Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, tentu bukan hanya mencegah makanan menjadi cepat basi… Tapi juga menjaga kesehatan dan gaya hidup kita sehari-hari.
Maka dari itu, kita harus menjaga gaya hidup yang teratur dan bersih untuk mendapatkan hidup yang sehat dan makanan yang tidak cepat basi tentunya

Previous
Next Post »