Friday, May 27, 2016

Yuk Ketahui Fitur Tersembunyi Windows 10

Yuk Ketahui Fitur Tersembunyi Windows 10

Microsoft baru saja merilis update terbesar untuk Windows 10. Dalam update ini disematkan sejumlah fitur serta perubahan yang memperkaya pengalaman menggunakan sistem operasi tersebut.

Beberapa fitur serta perubahan tersebut mudah ditemukan karena memang terpampang dengan jelas. Sedangkan beberapa lainnya tersembunyi dan bisa jadi mesti dicari dahulu sebelum Anda bisa mencobanya.

Berikut ini, sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Senin (16/11/2015), rangkuman beberapa fitur yang tersembunyi di balik pembaruan itu.

1. Find My Device

Biasanya fitur seperti ini ada di ponsel, sebut saja iPhone atau Android. Tetapi kali ini, update Windows 10 membuat pengguna bisa merasakan fitur serupa di laptop.

Ya, ketika laptop hilang, Anda bisa melacak dan menemukan lokasinya dengan memanfaatkan fitur tersebut. Cukup dengan mengakses akun Microsoft dari peramban, lalu masuk menu setting, update & security serta pilih find my device.

2. Zona waktu otomatis

Selama ini, Windows memang sudah memiliki fitur pemilihan zona waktu otomatis. Tetapi ketika pengguna sedang berada di negara lain, zona tersebut mesti diubah secara manual.

Dalam perubahan kali ini, pengguna cukup masuk ke menu setting, lalu time & language kemudian pilih set time zone automatically. Setelah melakukan hal tersebut maka setiap kali berpindah negara, laptop akan otomatis menyesuaikan zona waktu.

3. Mengirimkan multimedia ke perangkat

Windows 10 sebenarnya sudah mendukung DLNA dan Miracast, tetapi perubahan terbaru ini membuat fitur itu bisa ditemukan dengan lebih mudah.

Misalnya, jika pengguna memakai Microsoft Edge, maka akan menemukan ada tombol bertuliskan "cast media to device". Di beberapa tempat lain pun bisa ditemukan ikon serupa.

Secara fungsi memang mirip dengan Chromecast buatan Google. Pengguna bisa memakai alat tersebut untuk mengirimkan audio, video serta foto.

4. Sinkronisasi password

Jika Anda menggunakan lebih dari satu perangkat Windows 10, fitur ini akan sangat berguna. Password untuk akun di berbagai situs bisa disimpan dalam browser Edge, dan disinkronisasi ke seluruh perangkat dengan log in yang sama.

5. Skype baru

Ketika memperbarui Windows 10, maka otomatis akan terpasang aplikasi Messaging, Phone, serta Skype Video. Anda bisa menemukannya menggunakan Cortana dan semua aplikasi tersebut merupakan fitur-fitur utama Skype.

6. App Snapping

Sejak Windows 8 lalu, Microsoft memang sudah memberikan fitur App Snapping, yaitu menampilkan dua aplikasi secara bersamaan di layar. Namun setelah update terbaru Windows 10, fitur tersebut jadi makin canggih.

Kini pengguna bisa menjalankan App Snapping menggunakan semua aplikasi yang ada di dalam komputer. Misalnya membuka notepad dan browser secara bersamaan, kemudian mengatur lebar jendela tampilannya.

Via : The Verge | Kompas Tekno

Previous
Next Post »