-->

Wednesday, June 8, 2016

6 Tips Sukses Memulai Bisnis bagi Pemula

Di zaman sekarang, pemikiran untuk menjadi pengusaha sudah menjadi tren, terutama mereka yang masih muda. Tak heran, saat ini orang-orang sukses banyak didominasi oleh pengusaha muda.

Selain karena ingin sukses, hal-hal lain yang membuat orang-orang lebih memilih jadi pengusaha adalah perasaan lelah, bosan, dan terbatas bila harus terus-menerus menjadi karyawan.

Menjalankan sebuah bisnis memang cukup sulit dan pastinya penuh dengan tantangan. Untuk itu diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang benar dalam melakukannya.

Berikut 6 tips untuk sukses memulai bisnis bagi para pemula:

1. Fokus Pada Satu Peluang Bisnis
Saat ini peluang bisnis semakin mudah didapatkan karena perkembangan dunia yang sudah semakin pesat. Dengan banyaknya potensi pada setiap peluang, mungkin mereka yang muda akan bingung kalau harus memilih satu peluang mana yang paling bagus untuk dikembangkan. Di beberapa kasus ada banyak orang yang mencoba mengembangkan banyak bisnis secara bersamaan. Akan tetapi apakah itu langkah tepat? Belum tentu, meskipun semua itu tergantung pada kemampuan setiap orang, namun alangkah baiknya Anda fokus pada satu peluang saja. Dengan begitu, maka seluruh ide dan kreativitas di dalam bisnis akan berjalan secara terorganisir, begitu juga perealisasiannya.

2. Lakukan Hal yang Anda Sukai
Dalam hal apapun kalau dilakukan dengan perasaan suka dan sepenuh hati, maka saat menjalankannya pun juga jadi lebih mudah. Begitu pun dengan bisnis, biasanya beberapa pengusaha sukses membangun bisnisnya berdasarkan hobi yang mereka geluti. Jika hobi Anda bermusik, Anda bisa mulai menjual perlengkapan musik atau memberi pelatihan bermain musik untuk orang-orang. Dengan begitu, hobi Anda terpuaskan dan mimpi membangun usaha pun juga tercapai.

3. Mau Belajar Dari Orang Lain
Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada yang sempurna dan mengetahui segala hal dengan detail. Oleh sebab itu penting sekali untuk bersikap terbuka pada pendapat orang lain karena berkonsultasi dengan orang lain seperti mentor, teman, atau orang sukses lainnya, dapat memberimu pelajaran berharga dari apa yang telah mereka lakukan.

4. Hidup Sederhana
Jangan membayangkan bahwa menjadi seorang pengusaha akan membuat hidup bergelimang harta. Kalau pun memang bisa begitu, usahakan tetap hidup di dalam kesederhanaan. Kondisikan diri Anda sebagai pemula yang selalu membutuhkan uang dan hiduplah dengan cara berhemat. Lupakan tentang mobil mewah, makanan mahal, rumah besar dan lain-lainnya. Sebab pengusaha sukses sejati lebih menikmati proses menuju kesuksesannya ketimbang menghabiskan waktu untuk bermewah-mewahan.

5. Tunjukkan Konsep Bisnis yang Menarik
Agar bisnis berjalan lancar, diperlukan sekali yang namanya penanam modal atau investor untuk membiayai usahamu. Tunjukkan bahwa konsep bisnis Anda akan sangat menguntungkan bagi para investor. Jalankan konsep bisnis dengan modal secukupnya untuk memberikan bukti nyata kepada investor. Ketika Anda sudah membuktikan bahwa konsepmu yang terbaik, kedepannya yakinlah bahwa para investor yang akan mencarimu.

6. Tahu Kapan Harus Berhenti
Kapten yang bijaksana tidak akan menenggelamkan dirinya dan para awak bersama kapal. Pepatah itu secara tak langsung menjelaskan bahwa orang yang bijak pasti tahu harus berusaha dan kapan harus berhenti. Berhenti berusaha bukan berarti menyerah, hanya saja terkadang ada hal-hal yang memaksa Anda untuk berhenti, jika tidak ingin terpuruk semakin dalam. Begitu juga dalam membangun bisnis. Ada kalanya, bisnis yang dimulai tidak menghasilkan kesuksesan dan malah membuat Anda semakin rugi. Ketika situasi itu datang, maka mau tak mau Anda harus harus segera berhenti. Bersikap bijaksana dan peka terhadap keadaan akan membantumu terhindar dari keterpurukan. (detik/fb)

Previous
Next Post »