Monday, June 13, 2016

Walau Disakiti, Ini 6 Alasan Kamu Harus Tetap Memaafkan

Sakit hati yang kamu rasakan memang sulit untuk terobati. Meskipun setiap hari kamu merawatnya dengan baik, agar luka tak melebar dan bertambah besar, luka itu tak pernah mengering dan sembuh. Tentu saja, selama luka masih menganga, kamu akan terus merasakan sakit dan perih yang sangat menderita. 

Luka tersebut disebabkan banyak hal. Karena perlakukan orang lain, perkataan mereka, kekecewaan yang kamu dapat, dan bahkan juga bisa ketika kamu merasa kehilangan. Tapi apa pun alasannya, rasa perih ini tak seharusnya terus menyelimutimu sepanjang hayat. Kamu pantas bahagia. Maka kamu wajib untuk memaafkan. 

1. Ketika kamu memaafkan seseorang, atau bahkan dirimu sendiri, luka yang ada pada hatimu itu lambat laun akan mengecil dan mengering. Lama-lama akan sembuh dengan sendirinya. Artinya, memaafkan adalah sebuah proses penyembuhan luka yang selama ini menyengsarakanmu.

2. Memaafkan seseorang yang telah menyakitimu bukan berarti kamu membenarkan apa yang telah mereka lakukan. Kamu tahu hal tersebut tidak pantas ditujukan kepada siapa pun, termasuk dirimu. Tapi kamu dengan lapang dada mau memaafkan mereka.

3. Ketika kamu masih merasa sakit hati, ada sesuatu yang hilang. Kamu merasa dunia ini sangat tak adil dan sebagainya. Tapi dengan memaafkan, artinya kamu berusaha mendapatkan kembali dirimu seutuhnya sehingga mendapat ketenangan.

4. Bukan, memaafkan bukan berarti kamu lemah dan 'kalah' oleh mereka yang telah menyakitimu. Ini bukan soal mereka. Kamu memaafkan mereka demi dirimu sendiri. Kamu ingin bahagia, menikmati hidup, dan mendapat ketenangan. Semua itu bisa kamu dapatkan hanya dengan memaafkan mereka.

5. Memaafkan bukan berarti kamu mengatakan apa yang sudah terjadi baik-baik saja. Dan bukan berarti orang yang telah menyakitimu masih bisa masuk ke dalam kehidupanmu. Memaafkan artinya kamu telah berdamai dengan rasa sakit itu dan siap untuk membiarkannya pergi.

6. Memaafkan orang lain juga merupakan bentuk kasih sayang yang paling tinggi. Hanya orang yang paham betul apa arti kasih dan sayang, yang bisa mendapatkan kedamaian hati serta kebahagiaan saat memaafkan orang lain.
Bintang.com

Previous
Next Post »