Monday, July 25, 2016

Daftar Biaya Kuliah Uang Kuliah Tunggal (UKT) Di UGM Jogja

Daftar Biaya Kuliah Uang Kuliah Tunggal (UKT) Di UGM Jogja

Salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terfavorit di tanah air adalah Universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta. Seperti kampus negeri pada umumnya, UGM telah menetapkan besaran biaya kuliah yang perlu dibayarkan mahasiswa berdasarkan kemampuan finansial yang mereka miliki yang diatur dalam kebijakan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Di UGM), ada beberapa kelompok UKT yang perlu dibayarkan mahasiswa. Setidaknya ada 6 kelompok di UGM dengan besaran UKT yang berbeda-beda.

Kelompok paling rendah UKT-nya adalah kelompok I. Sedangkan untuk katagori VI merupakan UKT yang paling mahal. Dikutip dari data UKT UGM tahun ajaran 2016/2017, untuk kelompok I, besaran UKT yaitu Rp500 ribu. Besaran UKT tersebut berlaku di semua jurusan yang terdapat di UGM, mulai dari jurusan kedokteran di kelompok Saintek sampai di jurusan akuntansi pada kelompok Soshum.

Sementara untuk kelompok II, UKT dikenakan sebesar Rp1 juta untuk semua jurusan di UGM. Pada kelompok III, besaran UKT mulai bervariasi, mulai dari yang paling murah yaitu Rp2,4 juta sampai yang termahal yaitu Rp7,3 juta.

UKT termurah pada kelompok III ini terdapat pada jurusan bahasa Korea, antropologi budaya, sampai arkeologi. Sedangkan UKT termahal di kelompok III ini yakni pada pendidikan kedokteran gigi. Kelompok IV di UGM ini menetapkan UKT mulai Rp3,5 juta sampai Rp10,8 juta.

Jurusan dengan UKT termurah di kelompok IV antara lain ilmu sejarah, pariwisata, sampai sastra Indonesia. Sedangkan dengan UKT termahal di kelompok ini ada pada jurusan pendidikan dokter.

Di kelompok V, jumlah UKT yang harus dibayarkan oleh mahasiswa semakin mahal nominalnya. UKT yang ditetapkan berkisar dari Rp4,8 juta sampai Rp14 juta. Jurusan dengan UKT termurah terdapat di jurusan sosiologi. Sedangkan UKT yang termahal terdapat pada jurusan pendidikan dokter.

Kelompok VI di UGM ini merupakan kelompok dengan biaya UKT termahal. UKT termahal dimiliki oleh jurusan pendidikan dokter, yang mencapai Rp22,5 juta. Sementara untuk UKT termurah di kelompok ini terdapat di jurusan pembangunan sosial dan kesejahteraan./pojoksatu

Previous
Next Post »