-->

Monday, July 25, 2016

Jangan Minum Kopi Usai Menonton Konser, Ini Akibatnya!

Jangan Minum Kopi Usai Menonton Konser

Berdasarkan studi baru, Para peneliti di McGill University Auditory Sciences Laboratory, mengungkapakan bahwa Minum Kopi usai menonton konser dilarang karena zat tertentu di dalam kopi dapat menyakiti kemampuan telinga.

Mereka melakukan tes pada sekelompok babi guinea albino betina untuk mendengarkan suara sebesar 110-dB (setara dengan konser rock), selama satu jam penuh dalam dua kesempatan. Seperti dilansir dari foxnews, Senin (25/7/2106).

Kemudian setelah mendengarkan suara tersebut, setengah babi diberi 25mg/kg kafein selama 15 hari, sementara separuh lainnya tidak diberi. Sehari setelah mendengarkan suara, kedua kelompok menunjukkan gangguan pendengaran yang sama.

Namun setelah delapan hari, kelompok babi yang tidak diberi kafein, pendengarannya sudah pulih sepenuhnya. Sedangkan kelompok babi yang diberi kafein masih mengalami kesulitan mendengar.

“Penelitian kami menegaskan, bahwa paparan pada suara yang keras ditambah dengan konsumsi harian 25mg/kg, memiliki dampak negatif yang jelas pada pemulihan pendengaran,” kata peneliti Faisal Zawawi.

Selain konser, Anda juga perlu untuk menghindari kopi untuk sementara waktu, jika bekerja di industri seperti penerbangan, pertambangan, konstruksi, dan manufaktur.

“Ketika telinga terkena paparan suara yang keras, hal ini dapat menurunkan sementara pendengaran Anda. Gangguan ini biasanya akan membaik dalam 72 jam pertama setelah paparan. Namun jika gejalanya tidak kunjung hilang, kerusakan bisa menjadi permanen,” ujarnya.

(Sikah/Pojoksatu)

Previous
Next Post »