-->

Wednesday, October 5, 2016

G-land Banyuwangi, Salah Satu Tempat Surfing Terbaik di Dunia

G-land Banyuwangi, Salah Satu Tempat Surfing Terbaik di Dunia
photo by Harry Pieters

G-land, mungkin banyak dari kalian yang belum tau apa dan dimana G-land berada. Namun bagi para surfer profesional maupun wave hunter pantai ini merupakan surga.

G-land atau yang lebih dikenal sebagai Pantai Plengkung adalah sebuah pantai yang terletak di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi Jawa Timur. Untuk mencapai tempat ini bisa melalui jalan darat lewat banyuwangi atau melalui laut dari Bali menggunakan boat.

G-land dikenal dengan ombaknya yang bagus untuk para surfer, konon ombak di G-land adalah ombak terbaik di dunia setelah hawaii. Pantai ini merupakan tempat favorit para surfer karena memang memiliki ombak yang sangat tinggi. Ketinggian ombak di pantai bisa mencapai 6-8 meter dengan panjang 2 kilometer. G-land ditemukan pada tahun 1972 oleh surfer dari Amerika.

Nama G-Land sendiri diambil dari nama teluk yang ada disana yaitu Teluk Grajagan. Namun ada juga yang menyebutkan huruf “G” pada kata G-Land karena kawasan ini berbentuk seperti huruf “G”.

Selain G-land, di Taman Nasional Alas Purwo terdapat beberapa tempat yang bisa dikunjungi, antara lain hutan mangrove blok bedul. Di hutan magrove ini kita bisa menyusuri keindahan segoro anak sepanjang 15km, yang kanan kirinya ditumbuhi hutan mangrove.

Masih di kawasan taman nasional alas purwo, kita bisa menikmati padang savana Sadengan. Disini kita dapat mengamati hewan-hewan liar yang terdapat di alas purwo.

Tak jauh dari G-land, ada sebuah pantai yang cukup indah pemandangannya, yaitu pantai Parang Ireng, pantai yang berpasir gotri.

Di kawasan taman nasional alas purwo juga terdapat 3 buah gua, yaitu gua Istana, gua Mayangkoro dan gua Padepokan.

Di G-land kalian bisa menginap di Joyo’s Surf Camp dan jika kalian ingin lebih mudah untuk berlibur di G-land, kalian bisa mengambil paket wisata dari Raja Wisata, Raja Wisata juga mengeluarkan paket wisata ke tempat-tempat lain yang menakjubkan.

Previous
Next Post »