Thursday, October 6, 2016

Tentang Apa Itu Entrepreneur,Apakah Kamu Salah Satunya??

entrepreneur itu apa

Definisi Entrepreneur
Untuk mempelajari Entrepreneurship lebih mendalam, maka sebelum itu wajib hukumnya kita mengetahui dulu dong apa itu Entrepreneur. Entrepreneur berasal dari 2 kata, yaitu bahasa Perancis “entre” dan “prendre”. Sebutan ini digunakan pertama kali pada abad ke-18. Sebutan ini untuk orang yang sebagai “perantara” atau beberapa pihak dalam proses perdagangan.

Namun, seseorang yang bernama Richard Cantilon (1680-1734), dipercaya sebagai orang pertama kali yang menggunakan sebutan ini sebagai “Entrepreneur” dengan arti seseorang yang mau dan berani menanggung resiko dalam perekonomian.

Pada zaman itu, Entrepreneur dianggap sebagi seseorang yang berani menanggung resiko yang terjadi ketika perdagangan antara pemasok (supplier) dan pembeli (customer). Namun seiring perkembangan zaman yang terjadi, ternyata ekonomi tidak hanya berkembang pada sector pertanian dan perdagangan saja, banyak sekali industry baru seperti manufaktur, industry kreatif, perikanan, wisata, dll, dan arti “Entrepreneur” pun semakin tahun juga semakin berkembang.

Banyak sekali definisi Entrepreneur di zaman ini, namun saya dapat menyimpulkan dari beberapa referensi definisi Entrepreneur itu berarti orang yang memiliki cara-cara kreatif dan unik (tidak dilakukan orang lain) untuk mengolah sumber daya yang terbatas menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Arti Entrepreneur
“An Entrepreneur is someone who specializes in taking judgmental decisions about the coordination of scare resources.” Casson (2003:20). Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan bahwa Entrepreneur yaitu seseorang yang ahli dalam mengambil keputusan dalam pengkoordinasian sumber daya yang terbatas.
Jika Anda sadari dari definisi teresbut, tidak selalu ada kaitannya dengan bisnis, pengusaha sukses, dsb. Namun lebih dari itu pegawai negeri sipil, anak sekolah, mahasiswa, maupun pensiunan, yang memiliki jiwa kreatif dalam mengolah sumber daya yang terbatas untuk kepentingan dan manfaat bersama, itulah Entrepreneur.

“An Entrepreneur is someone who specializes in taking judgmental decisions about the coordination of scare resources.”


Coba Anda perhatikan kembali arti entrepeneurship menurut Casson tersebut, dan berikut akan saya jelaskan dari kata-kata diatas:

Someone; adalah seseorang, bukan suatu grup atau organisasi
Who specialize; menjalankan fungsi keahlian bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri namun bagi orang banyak.
In taking judgmental decision; berani mengambil keputusan yang berbeda dengan orang lain kebanyakan, dalam situasi yang sama
About the coordination; melakukan dan mengupayakan pemanfaatan berbagai sumber daya atau sumber daya yang terbatas untuk dijadikannya lebih bermanfaat dari sebelumnya
Of scare resources; sumber daya langka yang dikoordinasikan tidak berdasarkan besar kecilnya perusahaan atau institusi yang dikelola. Entrepreneur yang menjalankan perusahaan besarpun tetap berupaya untuk meminimalkan pemakaian sumber daya.



Kesimpulan:

Entrepreneur diambil dari bahasa Perancis “entre” dan “prendre”
Entrepreneur pertama kali oleh seseorang yang bernama Richard Cantilon (1680-1734)
Pada zaman dahulu Entrepreneur berarti seorang penggerak perekonomian
Entrepreneur ahli dalam mengambil keputusan berbeda dengan orang lain
Entrepreneur ahli dalam mengkoordinasi sumber daya yang terbatas
Entrepreneur tidak selalu terkait dengan pengusaha sukses


(*Afiev)

Bahan Referensi Artikel:

Wahyudi, Sandy. (2012). Entrepreneurial Branding and Selling: Road Map Menjadi Entrepreneur Sejati.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Previous
Next Post »