Friday, December 1, 2017

Wisata Labuan Cermin Yang Wajib Kamu Coba Sebelum Ke Pulau Derawan


Satu lagi tempat indah yang dapat memukai kita semua. Labuan Cermin namanya, ini merupakan sebuah danau yang sangat indah dan cantik yang terletak di desa Biduk-biduk, kabupaten Berau, Kalimantan timur. Danau ini dikelola oleh Lembaga Masyarakat Labuan Cermin (Lekmalamin), sehingga objek wisata ini tetap terjaga keasriannya dan dapat dinikmati oleh pengunjung.

Pergi ke tempat ini dengan beramai-ramai akan lebih asyik dan menghemat biaya. Jadi jangan sendirian ya, ajak teman, saudara, ataupun keluarga ke tempat ini. Danau Labuan Cermin terletak di desa Labuan Kelambu di kecamatan Biduk-biduk Kalimantan timur.

Untuk mencapai Berau, ada beberapa cara seperti yang biasa dlakukan untuk mencapai Kepulauan Derawan. Memang, para wisatawan yang ke tempat ini biasanya terlebih dahulu mengunjungi surga bawah laut di Kepulauan Derawan, baru setelah itu melanjutkan perjalanannya ke Danau Labuan Cermin.

Lokasi dan Akses Wisata Nasional Danau Dua Rasa

Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur. Untuk mencapai Berau ada beberapa cara seperti yang biasa dlakukan untuk mencapai Kepulauan Derawan. Memang biasanya wisatawan yang ke tempat ini biasanya terlebih dahulu mengunjungi surga bawah laut di Kepulauan Derawan baru setelah itu melanjutkan perjalanannya ke Danau Labuan Cermin.

Bagi kalian yang berada diluar Kalimantan bisa mengunjungi Bandara Sepinggan, Balikpapan setelah itu bisa terbang menuju Bandara Tanjung Redeb, Berau. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Desa Biduk-Biduk menggunakan mobil sewaan yang memakan waktu sekitar 6 jam perjalanan. Sesampainya di Desa Biduk-Biduk perjalanan dilanjutkan menyusuri tracking ke dalam hutan yang menyajikan berbagai macam pepohonan dan binatang didalamnya. Jalur tracking dapat kita tempur sekitar 30-45 menit, barulah kita sampai di tepian danau. Akan ada perahu yang siap mengantar kita untuk menyusuri keindahan Danau Labuan Cermin ini.

Fasilitas dan Akomodasi yang ada di Danau Dua Rasa

Labuan Cermin ini adalah danau dua rasa, bagian atas adalah air tawar dan bagian bawahnya air asin. Tetapi tetap tidak saling mencampuri satu sama lainnya. Keren kan sobat! Jadi apabila kita menyelam agak kedalam, maka kita akan melihat batas antara air asin dan air tawarnya. Makanya biota laut di danau ini sangat beragam.

Sesuai namanya, air di danau ini sangat jernih makanya banyak dibilang seperti cermin. Dasar danau pun bisa dilihat dengan jelas dari atas permukaan air padahal kedalaman danau lebih dari 3 meter.

Ada banyak penginapan dan hotel di Desa Biduk-biduk ini. Dari yang bertarif Rp.80.000 sampai Rp.250.000. Salah satu hotel rekomendasi adalah Hotel Selvia, hotel ini masih baru dengan fasilitas lengkap hanya Rp.175.000/malam

Bagi rombongan yang ingin lebih hemat juga bisa tinggal di pondokannya Ibu Hj. Zumaidah yang biasa dipakai oleh para pemancing. Biasanya mereka membayar Rp.100.000/minggu.

Aktifitas Wisata yang dapat anda lakukan di Danau Dua Rasa

Banyak yang bisa kita lakukan disini, mulai dari berenang, menyelam maupun snorkeling. Nah jika kalian ini menyelam atau snorkeling kalian harus membawa peralatan sendiri karena di kawasan ini tidak tersedia penyewaan alat selam atau snorkelnya. Sayang sekali ya sobat. Bagi kalian yang belum mahir berenang, tenang sobat, disini tersedia ban atau pelampung kok di perahu yang disewa sebelumnya.

Harga Tiket Masuk Wisata Nasional Danau Dua Rasa

Tidak ada biaya untuk tiket masuk.

Tips Berwisata di Danau Dua Rasa

Manfaatkan untuk mengisi peuh baterai peralatan elektronik anda pada malam hari.
Fasilitas snorkeling masih terbatas, alangkah lebih baik jika membawa peralatan snorkeling sendiri.
Bawalah sampang dan buanglah di tempat sampah. Jangan kotori keindahan dengan sampah yang kita tinggalkan.

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »