Tuesday, January 26, 2016

Wow!! Cacing 6 Meter Ditemukan dalam Usus Pria di Tiongkok


Seorang pria di Tiongkok menggemparkan karena dalam ususnya terdapat cacing pita yang masih hidup. Panjang tubuh cacing tersebut 6 meter.

Identitas pria tersebut dirahasiakan. The South China Morning Post yang dikutip Live Science, menyebutkan, pria berusia 38 tahun pergi ke dokter pada musim semi lalu setelah mengalami penurunan berat badan sebanyak hampir 10 kilogram dalam tiga hari.


Dia juga mengalami sakit perut, kelelahan, dan muntah. Demikian laporan studi kasus yang diterbitkan pekan ini di New England Journal of Medicine.

Menurut Morning Post, dokter melihat telur cacing pita dalam kotorannya. Pria tersebut sebelumnya juga telah berobat ke dokter lain karena sakit perut dan anemia kronis dua tahun terakhir.

Sang pria lalu diberi obat dan beberapa jam kemudian parasit raksasa tersebut dikeluarkan. Cacing pita tersebut adalah Taenia saginata yang bisa masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi daging sapi mentah. Rupanya pria itu terbiasa menyantap daging sapi mentah selama bertahun-tahun.

Menurut Live Science, tubuh pria tersebut telah menjadi kondomium bagi cacing pita selama paling tidak dua tahun. Cacing pita sapi bisa hidup dalam tubuh manusia selama bertahun-tahun, menyebabkan mual setelah makan, dan bisa tumbuh hingga 10 meter.

Ini adalah kasus cacing pita pertama di Tiongkok dalam tiga dekade. Setelah mengeluarkan cacing pita, pria itu telah menjalani pemulihan.

Sang dokter yang merawat, Jian Li, mengatakan, kemungkinan besar pria itu kapok makan daging sapi mentah lagi.

"Secara fisik, emosional, dan finansial, itu melelahkan baginya," kata Jian Li.

Previous
Next Post »