Sunday, March 27, 2016

Ketika Mertua dan Kakak Ipar Ganggu Rumah Tangga Anda


Pertanyaan :
Assalamualaikum wr. Wb
Nama saya Yogi, dari awal nikah sampai sekarang rumah tangga saya dibuat ribut sama mertua dan ayuk ipar yang tidak mau ikut suaminya dikarenakan ulah mertua saya.pendapat saya tidak didengarkan istri saya yang hanya menuruti ibunya. Bagaiamana pendapat bapak ? makasih. Wasalam. 082375723xxx
Jawaban :
Walaikumsalam wr. Wb
Salam Bahagia
Terima kasih atas pertanyaan saudara Yogi, semoga anda sehat dan kita semua selalu dalam lindungan Allah swt. Aminn
Pernikahan seperti yang pernah saya jelaskan tidak saja menyatukan sepasang kekasih dalam sebuah bahterah rumah tangga, tetapi juga akan menyatukan kedua belak pihak keluarga yang menjadi bagian dari hidup pasangan tadi.
Sehingga dapat dikatakan bahwa sepasang kekasih bukan saja menikah hanya untuk memikirkan kehidupan dirinya saja, tapi lebih penting adalah bagaimana anda dan pasangan anda dapat menyatukan keluarga besar dalam sebuah keakraban antara satu dangan yang lainnya agar terwujud sebuah keharmonisan dan kebahagaian yang diperoleh dalam pernikahan tersebut.
Dalam pernikahan juga adalah hal yang wajar jika terjadi riak riak pertengkaran sebagai bumbu dalam membina rumah tangga tersebut. Disinilah yang sebenarnya tuntutan dari masing masing pasangan untuk belajar mendewasakan diri, dan saling mengerti akan masing masing kepribadian pasangan agar lebih memahami kelebihan dan kekurangan yang dimiliki pasangannya.
Namun terkadang pernikahan tanpa adanya konflik tambahan biasanya sulit terjadi, apalagi jika penyebab konfilk tersebut adalah orang ketiga yang kerap ikut campur dalam segala urusan rumah tangga misalnya keterlibatan orang tua atau mertua dalam rumah tangga anaknya.
Ketika orang tua atau mertua ikut campur dalam urusan rumah tangga anda, jika tidak disikapi dengan bijak , konflik diantara pasangan bisa semangkin meruncing. Meski demikian anda atau istri tidak perlu merespon berlebihan dan menjadi stres karena permasalahan mertua ini, sebaiknya anda terlebih dahulu untuk mencari tahu penyebab kenapa mertua atau orang tua anda melatarbelakingi keinginan mereka untuk ikut campur dalam urusan rumah tangga anda dan pasangan anda.
Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menyikapi keadaaan ini, diantaranya sbb:
1. Lihat dari berbagai sudut pandang akar dari masalah yang anda dan pasangan hadapi.
2. Bahagiakan pasangan anda
Dengan membahagiakan pasangan, anda membuktikan pada mertua anda, bahwa anda adalah pasangan yang terbaik buat anaknya.
3. Pahami motif mertua
Cobalah untuk mencari tahu penyebab kenapa mertua anda terlalu ikut campur dengan urusan rumah tangga anda. Apakah dia merasa kehilangan anaknya, kesepian, kurang perhatian, atau karena memang dia tidak suka dengan perbuatan anda ? sebaiknya anda coba untuk memahami hal ini.. sehingga anda akhirnya akan mampu menciptakan hubungan yang harmonis baik dengan mertua anda maupun pasangana anda.
4. Diskusi dengan mertua dan pasangan anda
Jika mertua sudah telalu jauh ikut campur masalah rumah tangga anda, ada baiknya mengajaknya dan pasangan untuk duduk bersama dan membicarakan dari hati ke hati agar apapun yang menjadi permasalahan dapat diselesaikan baik dengan cara berfikir jernih dan tenang.
Diskusikan dengan mereka hal hal yang membuat anda merasa tidak nyaman dan beritahukan keinginan anda pada mertua dan pasangan anda.
Semoga dengan jawaban diatas mampu memberikan solusi terbaik dan dapat anda lakukan untuk kebaikan anda dan keluarga anda nantinya, amin
Wassalam.
Taslam

Previous
Next Post »