-->

Tuesday, March 8, 2016

Waspadai Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Menahan kencing seringkali dilakukan seseorang disaat tertentu, misalnya: lagi malas bangun tidur, kerja, menonton acara kesayangan, tidak ada toilet yang bersih, dan lain sebagainya. Apapun alasannya, ternyata kebiasaan menahan kencing terlalu lama tidak boleh dilakukan karena berbahaya bagi kesehatan. Ingat, tubuh kita memiliki kapasitas untuk menahan urine yang bervariasai, tergantung berapa banyak urine yang dihasilkan oleh tubuh.

Bagaimana dengan sensasi rasa ingin kencing? Ternyata sensasi rasa ingin kencing juga berbeda tingkatannya, ada yang berupa rasa ingin kencing saja hingga yang membuat kita harus menahannya dengan cara tertentu, misalnya menyilangkan kaki. Tahukah Anda jika proses buang air kecil sangatlah penting, karena menunjukkan bahwa system pencernaan dalam tubuh Anda berjalan dengan baik.



Selain itu, dari warna air kencing, kita bisa mendeteksi kondisi kesehatan, misalnya : ketika air kencing berwarna kuning pekat menunjukkan adanya masalah pencernaan (dehidrasi), ketika urine berwarna kemerahan yang menunjukkan adanya infeksi pada organ dalam kita, dan lain sebagainya.

Tubuh yang sehat akan mengeluarkan kotoran dan sisa-sisa pencernaan melalui urine dengan normal. Nah, mengingat pentingnya fungsi buang air kencing bagi kesehatan, maka sebisa mungkin jangan menahan kencing terlalu lama. Agar lebih jelasnya, berikut ini bahaya menahan kencing terlalu lama bagi kesehatan:

Menumpuk Kotoran dalam Tubuh

Menahan kencing terlalu lama sama artinya dengan menahan kotoran sisa pencernaan lebih lama di dalam tubuh. Jika kotoran dibiarkan menumpuk dan mengendap lebih lama lagi, maka bersiaplah mengalami berbagai masalah kesehatan.

Mengganggu proses pencernaan

Menahan buang air kencing terlalu lama dapat mengganggu proses pencernaan didalam tubuh. Ketika proses pencernaan seharusnya selesai dengan buang air kencing, namun Anda menahannya, maka otomatis akan mengganggu proses pencernaan berikutnya.

Terganggunya kesehatan organ pencernaan

Selain mengganggu proses pencernaan, kebiasaan menahan kencing terlalu lama juga dapat mengganggu kesehatan organ pencernaan, diantaranya : kandung kemih, ginjal, dan saluran kencing.

Menimbulkan penyakit dan infeksi pada organ pecernaan

Ketika kesehatan organ pencernaan terganggu, maka beberapa penyakit dan infeksi siap menyerang. Beberapa penyakit organ pencernaan yang bisa terjadi akibat kebiasaan menahan kencing terlalu lama, antara lain : infeksi pada ginjal, gagal ginjal, batu ginjal, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kencing, dan lainya.

Previous
Next Post »