Thursday, October 6, 2016

9 Tips untuk Tingkatkan Performa iPhone Lama

Jika Anda belum merasa perlu untuk mengganti iPhone Anda dengan seri terbaru yang belum lama ini diperkenalkan, Anda masih tetap 'mengotak-atik' iPhone Anda agar performanya tidak kalah hebat dari seri terbaru iPhone. Dikutip dari TIME, Jumat (25/9/2015), berikut ini 9 tips untuk meningkatkan performa iPhone lama.

1. Menghapus atau memasang ulang aplikasi yang memakan banyak ruang simpan

9 Tips untuk Tingkatkan Performa iPhone Lama
Pertama, jika Anda tidak terlalu sering menggunakan sebuah aplikasi, Anda dapat menghapusnya. Dari seluruh aplikasi yang cukup sering Anda gunakan, mungkin ada antaranya yang memiliki banyak data yang sebetulnya tidak penting.

Dengan membuka tab penggunaan (usage) dalam pengaturan umum (general settings), Anda dapat melihat, aplikasi mana yang paling sering Anda gunakan. Tampak jelas bahwa aplikasi foto, musik, dan podcast memakan banyak ruang simpan. Tetapi ruang simpan yang dihabiskan oleh aplikasi, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram mungkin lebih banyak lagi.

Dari waktu ke waktu, iPhone Anda mungkin secara otomatis melakukan "pembersihan," yang mana tembolok (cache) dari sebuah aplikasi dihapus. Anda juga bisa proaktif membersihkan data yang tidak dibutuhkan. Menghapus dan kemudian memasang ulang aplikasi akan membuat iPhone Anda kembali bersih dan mengosongkan ruang simpan.

2. Menonaktifkan layanan lokasi untuk aplikasi yang tidak memerlukan GPS
Meskipun Anda bisa mengaktifkan fitur geotag untuk kicauan Anda di Twitter, menonaktifkan akses GPS untuk kebanyakan aplikasi dapat membantu daya baterai dan kecepatan iPhone Anda.

Di menu iPhone, Layanan Lokasi (Location Service) dapat ditemukan di pengaturan privasi, Anda dapat memilih aplikasi mana yang menggunakan GPS dan seberapa sering aplikasi itu digunakan. GPS berguna untuk peta, aplikasi cuaca, dan aplikasi berbasis lokasi seperti Yelp. Tapi Anda mungkin tidak perlu mengizinkan Dropbox untuk mengetahui di mana Anda berada.

3. Mengurangi fitur animasi iOS seperti Parallax dan meningkatkan kontras
Versi terbaru iOS memiliki beberapa fitur menarik seperti Parallax, yang membuat pergeseran latar belakang iPhone saat Anda menggerakkan iPhone Anda. Tapi fitur estetika ini tidak terlalu berguna.

Mematikan fitur-fitur ini akan membebaskan sedikit daya pemrosesan dan memperpanjang daya baterai. Cukup pergi ke panel aksesibilitas (accessibility) di pengaturan umum, pilih 'Kurangi Pergerakan' atau 'Reduce Motion'. Di menu yang sama, ada pilihan 'Tingkatkan Kontras atau "Increase Contrast' yang akan membawa Anda ke beberapa pilihan pengaturan grafis.

4. Ganti casing

Jika Anda salah satu dari orang-orang yang hanya 'sekadar ingin' mencicipi desain Jony Ive dari casing pihak ketiga, sebaiknya Anda menganggarkan lebih banyak uang. Membeli sebuah casing baru dan menggunakannya di iPhone Anda jauh lebih baik.

5. Membersihkan foto dan video
Kelemahan dari kamera seperti iPhone adalah gambar berkualitas tinggi yang ditangkapnya memenuhi hard drive secara cepat. Maka, rajin melakukan back up foto dan video, serta menghapusnya dari iPhone Anda adalah suatu keharusan, terutama video, karena video memakan banyak ruang.

6. Menonaktifkan 'Background App Refresh'
Jika Anda sering membuka banyak aplikasi dan tidak menutupnya lagi, aplikasi-aplikasi itu mungkin masih berjalan, bahkan meski Anda tidak menggunakannya. Sementara Anda bisa menutupnya satu per satu, lebih baik Anda menonaktifkan "Background App Refresh," yang dapat Anda temukan di pengaturan umum.

Akan tetapi, membiarkan sejumlah aplikasi tertentu berjalan di latar belakang, seperti Google Maps atau Spotify, juga sangat berguna. Menonaktifkan penyegaran aplikasi memang tidak terlalu membuat perbedaan besar, tetapi untuk iPhone lama, ini patut dicoba.


7. Menghapus pesan teks lama

Meskipun tidak sama persis seperti menghapus dan memasang ulang sebuah aplikasi, Anda dapat menghapus pesan teks lama, yang mengambil sejumlah besar ruang penyimpanan pada iPhone Anda. Jika Anda tidak ingin melakukan hal ini sendiri, Anda juga dapat mengatur agar pesan teks di iPhone Anda dihapus setelah 30 hari.

8. Melakukan restore
Jika Anda sudah mencoba segalanya, tapi ponsel lama Anda tetap tidak bertambah cepat, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk mengembalikannya ke pengaturan pabrik (factory reset, restore). Restore ini kemungkinan akan menghilangkan sebagian besar keluhan yang Anda rasakan selama Anda menggunakan iPhone Anda.

Langkah ini akan benar-benar membersihkan, menghapus dan menyetel ulang hard drive dan RAM iPhone Anda. Namun, perlu diperhatikan, langkah ini tidak akan memperbaiki daya tahan baterai.

9. (Mungkin) Memperbarui ke iOS 9
Banyak pengguna telah melaporkan bahwa iOS 9 yang baru dirilis 16 September, dioptimalkan untuk iPhone yang lebih tua, dan ukuran update file sebesar 1.3GB untuk iOS 9 dengan 4.5 GB untuk iOS 8 tentu menunjukkan bahwa laporan itu benar.

Selain membebaskan lebih banyak ruang, iOS baru juga menambahkan fitur seperti modus daya rendah yang menghemat daya baterai. Di samping itu, sistem operasi ini juga memiliki fitur pemblokiran iklan (ads-blocking) yang menghambat kecepatan berselancar, ditambah kemampuan untuk memastikan aplikasi duplikat yang digabungkan menjadi satu.

Tentu saja, masih ada sejumlah ketidakpastian tentang pembaruan perangkat yang lebih tua ini, terutama perangkat setua iPhone 4S. Jika ponsel Anda sudah bekerja dengan baik, mungkin Anda tidak perlu melakukan pembaruan ini.

Previous
Next Post »