Thursday, October 6, 2016

Cara Membuat "lega" Memori 16 GB iPhone

Cara Ampuh Perluas Memori iPhone

Anda tak bisa meng-update sistem operasi iPhone ke iOS 9 atau menyimpan data karena ruang penyimpanan internal tidak mencukupi? Ya, tak seperti smartphone kebanyakan yang ruang penyimpanannya dapat diperluas dengan memori eksternal microSD, pada iPhone kapasitas penyimpanan tergantung dari model yang dipilih pengguna.

Misalnya, jika Anda memilih versi iPhone 16GB, Anda hanya dapat menampung file sebesar 16GB, itupun sudah dipangkas dengan kapasitas yang dibutuhkan untuk file-file bawaan iOS.

Jangan gusar, ada cara sederhana untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini ulasan lengkapnya...

Hapus aplikasi yang rakus memori

Untuk mencari tahu aplikasi mana saja yang rakus memori, masuk ke menu Usage Settings. Di sisi atas Anda akan melihat total gigabyte yang tersedia, Anda juga akan melihat berapa banyak ruang aplikasi, musik, pesan, dan foto yang tersisa.

Dari sini, Anda bisa menghapus aplikasi yang dirasa jarang digunakan. Tak mau mendepak Facebook atau LinkedIn? Jangan khawatir, Anda dapat men-download ulang aplikasi tersebut. Jika Anda menghapus aplikasi berbayar, Anda tidak diharuskan membayar lagi untuk menginstal ulang mereka.

Untuk menuju Usage Settings, cukup tekan Settings dari layar utama iPhone Anda. Kemudian pilih General dan Usage. Untuk `membunuh` aplikasi, pilih aplikasi yang akan dihapus dari daftar, lalu klik Delete App.

Hapus foto dan data yang tak penting

Secara manual Anda dapat menghapus foto langsung dari iPhone atau dengan menghubungkan iPhone ke Mac. Untuk melakukannya dari iPhone, pilih Photos dari home screen, klik Select, cek foto mana yang akan dihapus, lalu tap ikon tempat sampah.

Untuk menghapus foto di Camera Roll dari Mac, pilih Image Capture dan gambar yang akan dihapus. Untuk mempercepat proses, tahan tombol Command untuk memilih dan menghapus beberapa foto sekaligus.

Mengutip laman Entrepreneur, Senin (26/10/2015), selain foto disarankan untuk menghapus data yang tidak dibutuhkan seperti video, film, buku, pesan teks, pesan suara, pengingat, kontak, dan panggilan terakhir di call history.

Matikan Notifikasi

Fitur notifikasi bukan hanya melahap data, tapi juga daya baterai iPhone Anda. Untuk itu matikanlah fitur tersebut dengan cara pilih menu Settings dari home screen. Kemudian tekan Notifications.

Selanjutnya, pilih aplikasi yang Anda ingin nonaktifkan pemberitahuannya. Anda juga dapat menyesuaikan hal yang Anda lihat di tampilan `Hari Ini`. Buka Settings, Notifications, dan pilih aplikasi yang ingin Anda sertakan. Anda pun dapat mengurutkan pemberitahuan secara manual atau berdasarkan waktu.

Bersihkan sampah di Safari

Anda tentunya suka berseluncur dengan menggunakan Safari, dan mungkin Anda tidak pernah menghapus cookies, history maupun data-data yang ada di browser ini.

Jika demikian, tentu saja hal tersebut akan menyita ruang memori iPhone Anda. Untuk menghapus file-file tersebut, Anda bisa masuk ke menu settings, Safari, Clear history dan Clear Cookies and Data.

Baca Juga : Tips Menghemat Kapasitas Penyimpanan iPhone 16GB

Previous
Next Post »