-->

Thursday, October 6, 2016

Tips Menghemat Kapasitas Penyimpanan iPhone 16GB

Tips Menghemat Kapasitas Penyimpanan iPhone 16GB

iPhone 16GB untuk saat ini bisa jadi alternatif bagi yang ingin memiliki iPhone dengan harga paling rendah. Konsekuensinya pun, kapasitas penyimpanan yang didapat juga minim.

Embel-embel 16GB ternyata tidak sebanding dengan kapasitas penyimpanan sebenarnya yang kita dapat. Beberapa ruang yang tersita rupanya dimakan oleh kapasitas penyimpanan dari instalasi iOS.

Walhasil, pengguna hanya bisa memanfaatkan setidaknya 10GB dari kapasitas penyimpanan yang tersedia.

Ini tentu jadi beban bagi sebagian pengguna yang doyan menyimpan file seperti foto, video, musik serta aplikasi dengan memori yang cukup besar.

Namun jangan panik. Kali ini Tekno Liputan6.com menyajikan tips bagi kamu untuk mengakali dan menghemat kapasitas penyimpanan 16GB di iPhone.

Simak ulasannya sebagaimana kami rangkum dari laman 9to5Mac, Kamis (6/10/2016).


Foto dan video merupakan file yang ternyata memakan banyak memori di kapasitas penyimpanan iPhone 16GB.

Untuk itu, kamu harus rajin-rajin menghapus foto atau video yang tidak penting atau bahkan memiliki kesamaan (semisal kamu menjepret dalam kondisi burst).

Simpan Foto di Cloud



Kamu tak perlu menyetor semua foto dan video di iPhone 16GB milikmu. Kamu bisa memanfaatkan kapasitas penyimpanan Cloud agar galeri foto dan video semakin irit.

Caranya pun mudah. Jika kamu sudah meng-update ke iOS 9, cek Settings -> General -> Storage & iCloud Usage.

Kamu juga bisa memanfaatkan layanan Cloud lain seperti iCloud Drive, Google Photos atau juga Dropbox. Jika ingin lebih banyak kapasitas penyimpanan, kamu harus perlu membayar.

Buang Aplikasi Tak Berguna


Ingat, ini iPhone dengan kapasitas penyimpanan 16GB, bukan 32GB, 64GB atau bahkan 128GB. Jadi, kamu tak bisa semena-mena meng-install aplikasi sebanyak mungkin.

Kamu harus menyortir aplikasi mana yang menurutmu sering digunakan dalam kadar harian, termasuk aplikasi 'perintilan' seperti photo editing VSCO, Snapseed, Typorama dan teman-temannya.

Misalnya, untuk aplikasi pesan instan, instal beberapa yang menurut kamu penting digunakan. Pada case ini, Tekno Liputan6.com hanya menggunakan WhatsApp dan BBM karena kedua aplikasi itu paling sering digunakan. Padahal, keduanya berfungsi sama sebagai layanan pesan instan lainnya.

Pun begitu dengan aplikasi gim. Kamu hanya perlu menginstal gim yang kamu mainkan dalam skala rutin.

Jangan memasang terlalu banyak gim karena pasti nantinya kamu hanya akan memainkan satu atau beberapa dari banyaknya gim yang kamu instal.

Rajin Hapus Cache Files

Kamu pun juga harus sering 'inspeksi' aplikasi-aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter, Path dan Instagram, serta browser yang sering kamu gunakan.

Kebanyakan dari aplikasi tersebut rentan memakan memori untuk menyimpan data. Tujuannya untuk membentuk cache files agar pengguna tak perlu lagi menunggu loading ketika membuka konten serupa pada masing-masing medsos.

Kamu harus rela menghapus cache files karena ini jelas melahap kapasitas penyimpanan iPhone kamu. Cara mudahnya, kamu hanya perlu masuk ke Settings -> General -> Storage & iCloudUsage, lalu pilih opsi Manage Storage.

Jika kamu ingin hapus cache files Facebook, pilih Delete App dan aplikasi tersebut akan terhapus dan kamu perlu mengunduh ulang lagi.

Biasakan Streaming


Karena iPhone milikmu memiliki kapasitas 16GB, cobalah untuk tidak menyetor file musik. Mulai dari sekarang, biasakan streaming, baik itu untuk musik dan video.

Kamu bisa memanfaatkan Apple Music, atau aplikasi streaming third party lainnya seperti Spotify, Joox atau juga Soundcloud.

Gunakan Flash Drive Khusus iPhone


Opsi terakhir dipercaya dapat membantu untuk mengoptimalkan kapasitas penyimpanan 16GB di iPhone kamu.

Ya, gunakan Flash Drive khusus untuk iPhone sebagai media penyimpanan tambahan. Jadi, kamu bisa menyimpan berbagai file milikmu di Flash Drive.

Kamu bisa menggunakan beberapa Flash Drive seperti SanDisk iXpaand, Leef iBridge serta iKlips yang memiliki kapasitas penyimpanan mulai dari 16GB hingga 128GB.
|||tekno lipitan6 ||

Previous
Next Post »